Latar Belakang Masalah
Perusahaan
merupakan su atu bentuk organisasi yang disusun dari berbagai elemen yang memiliki tujuan tertentu, yakni
untuk memaksimumkan laba dalam jangka
pendek dan meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang. Tingkat keberhasilan memperoleh laba menjadi salah
satu ukuran kinerja perusahaan selain
kemampuan perusahaan menyusun struktur pendanaan, kemampuan dalam menggunakan sumber dayanya secara efektif
serta kemampuan perusahaan melunasi
utang yang telah jatuh tempo. Laba juga menunjukkan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya yang
dimiliki perusahaan. Laba merupakan
penerimaan yang masih tersisa dari hasil penjualan setelah semua biaya (termasuk pajak) dibayar.
Kenaikan laba dapat merupakan hasil interaksi
bermacam -
macam
faktor, antara lain: tingkat penjualan, biaya
operasional, dan sebagainya. Dalam meningkatkan kekayaan perusahaan maka
kemampuan untuk memperoleh laba yang besar tidaklah cukup, masih diperlukan
kemampuan yang lainnya yaitu bagaimana mengelola sumber daya yang dimiliki
perusahaan untuk menghasilkan laba tersebut. Sebagian dari sumber daya yang
dimiliki perusahaan tertanam dalam modal kerja, dapat dalam jumlah besar dapat
pula dalam jumlah kecil. Modal kerja digunakan untuk membiayai pengeluaran
-
pengeluaran operasional rutin seperti pembayaran upah dan gaji pegawai,
pembelian bahan baku dan lain
-
lain.
Perusahaan
dapat mengurangi investasi aktiva tetapnya melalui sewa atau leasing peralatan dan mesin tetapi mereka tidak dapat
menghindari kebutuhan akan kas, piutang dan persediaan sehingga pengelolaan
aktiva lancar sangat penting bagi para
manajer perusahaan agar efektif dan berdampak positif bagi laba perusahaan. Efektivitas modal kerja ditunjukkan dengan
perputaran modal kerja (working capital turnover). Sejumlah dana yang telah dikeluarkan untuk
membelanjai operasi perusahaan tersebut diharapkan dapat masuk kembali ke perusahaan dalam jangka waktu pendek melalui
hasil penjualan barang atau hasil produksinya
guna membiayai operasi perusahaan selanjutnya. Dengan demikian dana tersebut akan berputar terus menerus
setiap periodenya sepanjang hidup perusahaan (Djarwanto, 2004: 87). Semakin
tinggi perputaran modal kerja tersebut
maka berdampak
semakin
tinggi tingkat penjualan yang pada akhirnya memberikan laba yang tinggi pula Disamping
itu kinerja perusahaan tidak hanya dipengaruhi bagaimana perusahaan tersebut mengelola modal kerjanya
tetapi juga tergantung pada bagaimana
perusahaan efektif dalam mengelola total aktivanya. Untuk mengukur aktiva usaha
dalam menghasilkan penjualan dapat dilihat dari rasio total asset turnover Dengan
jumlah total aktiva tertentu, diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang akhirnya dapat mempercepat total asset turnover.
Semakin
cepat perputaran total aktiva berarti
semakin efektif penggunaan total aktiva perusahaan tersebut (Djarwanto, 2004:
91). Efektivitas penggunaan total aktivanya akan
berperan
dalam peningkatan profitabilitas Untuk mengukur kemampuan perusahan dalam
menghasilkan laba digunakan Return on Assets (ROA). ROA dapat dijadikan sebagai indikator
untuk mengetahui seberapa mampu perusahaan memperoleh laba yang optimal dilihat
dari posisi aktivanya. Rasio ini
mengukur tingkat pengembalian total aktiva melalui laba bersih setelah pajak, semakin
tinggi nilai ROA maka semakin baik bagi
perusahaan.
SEJARAH
PT
Mandom Indonesia Tbk berdiri sebagai perusahaan joint venture antara Mandom
Corporation, Jepang dan PT The City Factory. Perseroan berdiri dengan nama PT
Tancho Indonesia dan pada tahun 2001 berganti menjadi PT Mandom Indonesia Tbk.
Pada
tahun 1993, Perseroan menjadi perusahaan ke-167 dan perusahaan joint venture
Jepang ke-11 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Saat ini jumlah
saham Perseroan adalah 201.066.667 lembar saham dengan nilai nominal Rp
500/saham.
Kegiatan
produksi komersial Perseroan dimulai pada tahun 1971 dimana pada awalnya
Perseroan menghasilkan produk perawatan rambut, kemudian berkembang dengan
memproduksi produk wangi-wangian dan kosmetik. Perseroan mempunyai dua lokasi
pabrik yaitu pabrik Sunter yang khusus memproduksi seluruh produk kosmetik
Perseroan sementara pabrik Cibitung berfungsi untuk memproduksi kemasan plastik
dan juga sebagai pusat logistik. Kemasan plastik dikirim dari Cibitung ke Sunter
untuk diisi kemudian barang jadi dikirim kembali ke Cibitung dan
didistribusikan melalui pusat logistik.
Merek
utama Perseroan antara lain Gatsby, Pixy, dan Pucelle. Selain itu, Perseroan
juga memproduksi berbagai macam produk lain dengan merek Tancho, Mandom,
Spalding, Lovillea, Miratone, dan juga beberapa merek yang khusus diproduksi
untuk ekspor.
Selain
pasar domestik, Perseroan juga mengekspor produk-produknya ke beberapa negara
antara lain Uni Emirat Arab (UEA), Jepang, India, Malaysia, Thailand, dan
lain-lain. Melalui UEA, produk-produk Perseroan di re-ekspor ke berbagai negara
di Afrika, Timur Tengah, Eropa Timur, dan lain-lain.
Perseroan
telah menyelesaikan tahap pertama dari Rencana Manajemen Jangka Menengah
3-Tahun (MID-1) selama periode tahun 2005-2007 dan menutupnya dengan pencapaian
penjualan sebesar Rp1 triliun. Sejak tahun 2008 Perseroan memulai Rencana
Manajemen Jangka Menengah 3-Tahun tahap kedua (MID-2) sampai dengan tahun 2010.
Pada MID-2, Perseroan menetapkan tema "Meningkatkan kecepatan pertumbuhan
dan menargetkan menjadi produsen kosmetik terdiversifikasi" dengan
"kosmetika wanita" dan "bisnis ekspor" sebagai kategori
penting yang akan menjadi fokus untuk dibina.
Periode
Rencana Manajemen Jangka Menengah 3-Tahun tahap ketiga (MID-3) berlangsung
selama tahun 2011-2013 dimana Perseroan mengusung visi "Menuju Asia Global
Company yang berbasis di Indonesia". Pada akhir periode MID-3, penjualan
Perseroan ditargetkan mencapai Rp2 triliun.
PRODUK
Ada 2 jenis produk yang dsediakan oleh
perusahaan, yaitu:
a.)Jenis
atau produk TOILETRIES adalah semua jenis produk yang berhubungan dengan badan.
Adapun produk -produk yang disediakan atau yang ditawarkan oleh perusahaan
adalah terdiri dari :
Tancho
Pomade
Tancho
Hair Dye
Tancho
Hair Cream
Spalding
Mandom
55
Mandom
Tissue
Gatsby
Pucelle
Pixy
Daily
Restage
Style
Up
Purell
Sanitizing Hand Tissue
Jhony
Andrean
Lovillea
La
Beute
b.)
Jenis-jenis atau produk dari Pixy Lady`s Cosmetic adalah semua jenis produk
yang berhubungn dengan wajah. Adapun jenis produk yang ditawarkan oleh
perusahaan adalah sebagai berikut :
Ø Skin
Care :
Ø Cleasing
Foam (Milk & Fresh)
Ø Enzyme
P. Wash
Ø Cleasing
Milk
Ø Face
Lotion
Ø Hand
& Body Lotion
Ø Moisture
Cream
Ø Make
Up :
Ø Liquid
Foundation
Ø Face
Powder
Ø Compact
Powder
Ø Lipstik
Pink
Ø Lipstik
Rose
Ø Lipstik
Red
Ø Lipstik
Orange
Ø Lipstik
Brown
Ø LipstikConditioner
Ø (Orange,
Pink, Red)
Ø Eye
Shadow
Ø Blush
On
Ø Eye
Liner
Ø Eye
Brow Pencil
Ø Nail
Color
Ø Nail
Top Coat Nail Color
Ø Mascara
Ø Skin
Protection :
Ø Stick
Foundation
Ø Makeup
Base Natural
Ø Day
Moisturizing UV
Ø Tinted
Moisturizing Lotion UV
Ø Two
Way Cake UV
Ø Two
Way Cake Refill
Ø Creamy
Moisturizing Cake
MARKETING
PT. Mandom Indonesia, Tbk. Untuk memasarkan produknya secara menyeluruh ke
seluruh (empat) wilayah saluran distribusinya, PT. Mandom Indonesia, Tbk
melakukan distribusi secara tidak langsung (indirect distribution). Perusahaan
Mandom Indonesia Tbk. memasarkan produk-produknya lewat website resmi
http://mandom.co.id .produk-produk yang dimiliki perusahaan ini sudah sangat
terkenal dan banyak diminati oleh konsumennya dan mudah untuk mendapatkannya
karena sudah terjual bebas diberbagai toko seperti Alfamart, Indomaret, Apotik,
dll.
SUMBER DAYA MANUSIA
Bagi PT Mandom Indonesia Tbk, sumber daya manusia (SDM) memegang peranan
penting dalam setiap kesuksesan yang diraih oleh Perseroan. SDM adalah urat
nadi penggerak roda bisnis perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas
SDM melalui berbagai kegiatan/program pengembangan menjadi prioritas utama
Perseroan dalam memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk dapat
mengembangkan kemampuan individunya sekaligus memberikan sumbangan terhadap
peningkatan kinerja team work.
Kegiatan pengembangan sumber daya manusia di PT Mandom Indonesia Tbk berfokus pada upaya untuk mengembangkan karyawan dari amatir menjadi profesional. Karena bagi PT Mandom Indonesia Tbk, SDM bukan sekedar aset biasa, tapi merupakan ASET STRATEGIS, yang di masa depan diharapkan dapat menciptakan, memberdayakan dan mengembangkan sistem dan sumber daya lain dalam organisasi.
Sebagai upaya untuk mendukung pengembangan kualitas SDM, Perseroan menyusun program pengembangan kompetensi SDM atau Mandom Development Program yang bertujuan untuk membentuk kultur positif bagi seluruh SDM Perseroan, sehingga mereka siap menghadapi segala perubahan di masa depan. Mandom Development Program terdiri dari Competency Training, General & Individual Training, dan Program Balance Scorecard. Selain itu, Perseroan juga merancang program training untuk karyawan baru yang bertujuan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan leadership serta kepekaan bisnis yang mereka butuhkan bila mereka ingin sukses berkarir di Perseroan.
Kegiatan pengembangan sumber daya manusia di PT Mandom Indonesia Tbk berfokus pada upaya untuk mengembangkan karyawan dari amatir menjadi profesional. Karena bagi PT Mandom Indonesia Tbk, SDM bukan sekedar aset biasa, tapi merupakan ASET STRATEGIS, yang di masa depan diharapkan dapat menciptakan, memberdayakan dan mengembangkan sistem dan sumber daya lain dalam organisasi.
Sebagai upaya untuk mendukung pengembangan kualitas SDM, Perseroan menyusun program pengembangan kompetensi SDM atau Mandom Development Program yang bertujuan untuk membentuk kultur positif bagi seluruh SDM Perseroan, sehingga mereka siap menghadapi segala perubahan di masa depan. Mandom Development Program terdiri dari Competency Training, General & Individual Training, dan Program Balance Scorecard. Selain itu, Perseroan juga merancang program training untuk karyawan baru yang bertujuan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan leadership serta kepekaan bisnis yang mereka butuhkan bila mereka ingin sukses berkarir di Perseroan.
Filosofi
dan Misi
Filosofi
Menghadirkan
kehidupan yang menyenangkan ditunjang oleh
kesehatan
dan keindahan.
Misi
Misi
manajemen Group Mandom yang terutama
bertujuan untuk melayani dan memberi
manfaat bagi masyarakat.
1.Partisipasi
aktif dari karyawan Menciptakan nilai
bagi gaya hi dup, dengan konsumen, untuk konsumen Peningkatan pada 3 bidang : Foku s pada gaya
hidup, fokus pada mitra bisnis dan fokus
pada merek.
Kondisi Bisnis Perusahaan
PT
Mandom Indonesia Tbk memastikan tercapainya target penjualan tahun 2007 sebesar Rp 1 triliun. Pada tanggal 7 Desember 2007 itu Perseroan melepas
kontainer yang mewakili terealisasinya target penjualan sesuai dengan Rencana Manajemen Jangka Menengah Tahap ke–1 yang
dicanangkan Perseroan selama periode tahun 2005-2007. Dengan tercapainya target
Rp 1 triliun diperkirakan pertumbuhan penjualan dan laba bersih tahun ini dapat
melebihi target yang masing-masing dipatok tumbuh 5%. Pencapaian ini didukung
oleh pertumbuhan penjualan di ketiga segmen utama perseroan, yaitu perawatan
rambut, wangi-
wangian,
serta produk make-updan perawatan kulit. Kenaikan terbesar disumbangkan oleh
produk make-up dan perawatan kulit yang mencatatkan kenaikan tinggi sebesar 20,38%. Kesuksesan ini terutama didukung oleh penjualan produk
renewalPixy UV Whitening
series
yang di- launching pada bulan September 2006.
Renewal
yang diperkaya dengan konsep 24- hours whitening system ini mendapat respon sangat baik di pasar dan
penjualannya terus menunjukkan peningkatan
yang signifikan. Bahkan salah satu kategori produknya yaitu face powder ,
selama dua tahun berturut-turut mendapatkan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) dari
majalah SWA dan Frontier. Akhir September 2007, Perseroan membukukan kenaikan penjualan dari
Rp 741,22 miliar ke Rp 818,39 miliar
atau naik 10,4% dibanding tahun lalu Laba bersih naik 23,4% dari Rp 87,51 miliar ke Rp 107,98 miliar. Sementara itu, laba bersih per saham naik dari Rp 494 menjadi Rp 597 per lembar saham. “Dalam lima
tahun terakhir, Perseroan secara
konsisten
menunjukkan peningkatan penjualan walaupun kondisi ekonomi Indonesia
menjadi
lesu setelah kenaikan harga BBM di bulan Oktober 2005 ”, ujar Yamashita.
PT NISSIN
BICUIT INDONESIA
Sejarah PT
Nissin Biscuit Factory Indonesia
PT Nissin Biscuit Factory Indonesia
mengawali produksi komersial pertama pada Januari 1977. Diatas lahan seluas +-
8 Ha. Produk pertama yang dihasilkan adalah Butter Coconut, Frychip, Madu,
Aynako, Longer Stick.
Seiring dengan perjalanannya, PT Nissin Biscuit
Factory Indonesia telah memproduksi beberapa jenis dan beragam biscuits,
cookies, crackers, snacks, wafers dalam bagian merk terkemuka seperti nissin,
Khong Guan, Monde, Walens dan Nitto
Dalam menghadapi persaingan di
industry makanan yang semakin ketat, PT Nissin Biscuit Factory Indonesia selalu
bertekad untuk memenangkan persaingan
dengan menyajikan produk berkualitas melalui inovasi yang selalu berkelanjutan.
Inovasi yang dilakukan oleh nissin meliputi jenis produk, mesin, system/proses
dan kemasan. PT Nissin Biscuit Factory Indonesia memiliki lebih dari 700 karyawan yang terlatih
sehingga turut mendukung kualitas produk yang dihasilkan.
Dengan dukungan inovasi, sumberdaya
manusia dan tegnologi, sampai dengan saat ini, PT Nissin Biscuit Factory
Indonesia terus berkembang dan berhasil memproduksi berbagai merk biscuit yang
telah menjadi pemimpin pasar.
Quality
Commitment PT Nissin Biscuit Factory Indonesia
Nissin menyadari bahwa dengan
memproduksi produk yang berkualitas dan bergizi, maka Nissin turut memberikan
konstribusinya untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa. Karena itu, pengawasan
mutu produk menjadi salah satu prioritas utama.
Standar mutu yang diterapkan oleh
Nissin mencakup penggunaan bahan baku pilihan dan penggunaan tegnologi canggih
dalam proses produksi serta penerapan CPMB (Cara Produksi Makanan yang Baik),
GMP (Good Manufacturing Practice), SSOP (Sanitation Standard Opening Procedure)
dan HACCP (Hazard Analytical Critical Control Point). Standar Mutu ISO
2200:2005 untuk kualitas dan keamanan produk juga telah ditetapka dalam proses
produksi disertai dengan sertifikat halal dari Majlis Ulama Indonesia (MUI).
Sebuah bukti bahwa semua produk Nissin memenuhi kaidah halal dan aman dikonsumsi.
Visi dan
Misi PT Nissin Biscuit Factory Indonesia
Visi dan Misi PT Nissin Biscuit
Factory Indonesia meliputi:
Visi PT Nissin bertekad menjadi produsen
biscuit terbaik di Indonesia
Misi Memproduksi
biscuit yang bergizi tinggi, higienis, inovatif dan berkualitas dengan cita
rasa tinggi serta terjamin mutunya kepada pelanggan dengan cara terbaik yang
dikembangkan oleh SDM yang unggul dengan tegnologi modern.
Lokasi PT
Nissin Indonesia
Lokasi PT Nissin Biscuit Indonesia
di Jl. Raya Semarang Salatiga Km. 23 Ungaran.
PT. SIDOMUNCUL
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Dalam ilmu ekonomi, perusahaan
adalah suatu satuan ekonomi yang
bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat guna
memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya terdapat
berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap perusahaan pada umumnya,
yakni bagaimana perusahaan dapat memperoleh bahan baku dengan mudah dan dengan
biaya yang rendah, bagaimana perusahaan dapat melakukan kegiatan proses
produksi, bagaimana peruahaan dapat memasarkan hasil produksi kepada konsumen
sehingga perusahaan dapat memperoleh penghasilan tertentu dengan biaya
seminimal mungkin.
Sebagian besar perusahaan biasanya
mengadakan berbagai pertimnbangan-pertimbangan dalam memilih bahan baku, khususnya
adalah bagaimana perusahaan dapat memperoleh bahan baku yang berkualitas dengan
tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi.
Kegiatan produksi dalam perusahaan
khususnya perusahaan-perusahaan modern, biasanya didominasi oleh mesin-mesin
pabrik sehingga dalam melakukan penataan mesin-mesin tersebut harus
diperhatikan agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi,
kegiatan produksi tetap tidak dapat terlepas dari peran para pekerja/ sumber
daya manusia. Misalnya : perusahaan Sido Muncul dalam proses produksi jamu
selain menggunakan mesin modern juga tetap memanfaatkan sumber daya manusia
yang ada. Dalam penyortiran bahan baku dan pengemasan sebagian tetap masih
mengunakan jasa para pekerja.
Di samping itu, hal lain yang
berpengaruh dalam proses produksi adalah keterkaitan waktu kerja. Bagaimana
suatu perusahaan dapat memproduksi sesuai dengan permintaan pasar ataupun
sesuai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal lainnya juga harus
diperhatikan oleh sebagian besar perusahaan adalah bagaimana perusahaan dapat
menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga para konsumen dapat tertarik
untuk tetap mengkonsumsi tanpa harus berpindah ke produk lain.
BAB III
TEMUAN LAPANGAN
A. PT. Sido Mucul
Latar
Belakang
PT.
SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola
oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan.
Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis, mendorong beliau
memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan
beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan
nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud" dengan lokasi di
Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan
produk pertama dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat
mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu
meningkat.Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun
ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat
permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke
Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang.
Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah, maka pabrik mulai
dilengkapi dengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah karyawannya ditambah
sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari
2000 orang ). Untuk
mengantisipasi kemajuan dimasa datang, dirasa perlu untuk membangun unit pabrik
yang lebih besar dan modern, maka di tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama
pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10
dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs.
Wisnu Kaltim.
Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29
ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik
Indonesia, dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian
pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat
Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara
dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai
satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari
bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya
menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.
Secara pasti PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang
jamu yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih
berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta
penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun
kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik. Untuk mewujudkan tekad tersebut, semua rencana pengeluaran produk baru
selalu didahului oleh studi literatur maupun penelitian yang intensif,
menyangkut keamanan, khasiat maupun sampling pasar. Untuk memberikan jaminan
kualitas, setiap langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk
sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat.
Seluruh karyawan juga bertekad untuk mengadakan perbaikan setiap saat, sehingga diharapkan semua yang dilakukan dapat lebih baik dari sebelumnya.
Seluruh karyawan juga bertekad untuk mengadakan perbaikan setiap saat, sehingga diharapkan semua yang dilakukan dapat lebih baik dari sebelumnya.
Visi dan
Misi
Visi
:
Menjadi
industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.
Misi :
Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional.
Mengembangkan research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional.
Mengembangkan research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya
membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan
pengobatan secara tradisional.
Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
Sumber Daya Manusia
Saat
ini PT.
SidoMuncul didukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan
bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kapasitasnya
masing-masing. Sebagai pendukung, SidoMuncul juga memilki tenaga ahli dari
berbagai disiplin ilmu, seperti biologi, ekonomi, farmasi, pertanian, hukum,
teknologi pangan, teknik kimia, teknik elektro, dll. Untuk mengembangkan kemampuan, pada waktu-waktu tertentu kepada karyawan
diberikan kesempatan mengikuti pelatihan, kursus, maupun seminar. Untuk
mendukung pengembangan, PT. SidoMuncul juga merekrut konsultan yang ahli di
bidangnya, misalnya : apoteker, dokter umum, dokter gigi dan spesialis.
Fasilitas
Pabrik
Dengan
standar pabrik CPOB ( Standard pabrik Farmasi ), maka fasilitas yang ada di PT.
SidoMuncul antara lain :
1. Laboratorium
:
Laboratorium Instrumentasi
Laboratorium Farmakologi
Laboratorium Formulasi
Laboratorium Farmakognosi
Laboratorium Stabilitas
Laboratorium Kimia,
Laboratorium Farmakologi
Laboratorium Formulasi
Laboratorium Farmakognosi
Laboratorium Stabilitas
Laboratorium Kimia,
yang dilengkapi peralatan HPLC ( High Pressure
Liquid Chromatography ), GC ( Gas Chromatography ) dan TLC Scanner ( Thin Layer
Chromatography ). Keseluruhan laboratorium tersebut dibangun di atas lahan
seluas 1200 m².
2. Laboratorium Kultur Jaringan
3. Kebun percobaan dan budidaya tanaman obat
4. Extraction Centre
5. Pengolahan air bersih
6. Pengolahan air limbah
7. Perpustakaan
8. Klinik Holistik
3. Kebun percobaan dan budidaya tanaman obat
4. Extraction Centre
5. Pengolahan air bersih
6. Pengolahan air limbah
7. Perpustakaan
8. Klinik Holistik
Selain
sebagai tempat pelaksanaan produksi, di lokasi pabrik PT. SidoMuncul juga
terdapat Agrowisata seluas 1,5 hektar. Lahan agrowisata tersebut berisikan
berbagai jenis tanaman obat yang ada di Indonesia dan digunakan sebagai bahan
baku produksi produk jamu SidoMuncul.
PRODUKSI
Bahan
baku terdiri dari 160 jenis, sebagian besar diambil dari alam dan tergantung
dari musim. Jika disatu tempat ada belum tentu ditempat lain ada dan bahkan
jika ditempat itu ada akan ada kemungkinan pula hari berikutnya tempat tersebut
tidak tersedia bahan baku. Bahan baku diambil dari daerah atau wilayah sekitar
pabrik . Dan bahan baku yang diambil adalah bahan baku yang dalam kondisi
kering guna penyimpanan yang lebih baik. Bahan bakupun didapat dalam rantai
pasar yang panjang sehingga harus dalam kondisi kering.
Proses
penyimpanan dilakukan digudang penyimpanan. Persediaan bahan baku dengan sistem
FIFO , masuk pertama keluar pertama. Hal ini dilakukan guna tidak adanya bahan
baku yang menumpuk atau tersimpan terlalu lama yang berakibat pada rusaknya
bahan baku. Dalam ruang penyimpanan bahan baku harus memenuhi syarat :
Ø Bahan masuk
benar
Ø Bahan baku
harus bersih
Ø Bahan baku
harus disimpan dalam bentuk kering
Selain itu adapun tata laksana
gudang penyimpanan, yaitu kebersihan gudang harus terjaga dan kelembaban
serendah mungkin atau dapat dipastikan kering.
Dalam
pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
Ø Pemisahan
kotoran (penyortiran)
Ø Pemotongan,
guna mempermudah proses penghalusan
Ø Pencucian
kembali untuk memastikan bahan benar-benar bersih
Ø Dikeringkan
menggunakan oven
Ø Penyortiran
bahan kering, bahan yang berkualitaslah yang ddipilih
Ø Masuk dalam
pengamatan tim pengendali mutu, guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi
standar
Dalam proses
yang dilakuakan diatas sebagian besar masih menggunakan jasa sumberdaya manusia
karena dalam proses penyortiran akan lebih dapat dijamin kualitasnya jika
dilakukan langsung oleh sumberdaya manusia.
Namun dalam proses pemotongan dan pengeringan juga menggunakan alat-alat
yang masih tradisional. Selain menjaga kualitas digunakannya sumber daya manusia
juga bertujuan untuk mendayagunakan warga sekitar agar kualitas hidupnya lebih
terjamin dengan adanya lapangan pekerjaan.
PROSES
PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido
Muncul ini yang pertama adalah penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang segera
dicek QC (Quality Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan
dan standar penggunaan kemudian bahan baku dimasukkan ke dalam gudang
penyimpanan bahan baku. Bahan baku yang akan dipakai diambil dari gudang
penyimpanan bahan baku kemudian disortasi, setelah disortasi kemudian bahan
baku dicuci, dikeringkan, digiling, baru kemudian dicampur (mixing).
Dalam proses pencampuran bahan ini
kami tidak diperkenankan untuk melihatnya karena merupakan rahasia perusahaan.
Sesudah proses pencampuran selesai kemudian hasilnya dialirkan melalui
pipa-pipa untuk dilakukan proses pengemasan primer (packaging primer)
menggunakan mesin dua line dan delapan line. Kemudian masuk ke
proses pengemasan sekunder (packaging sekunder), disini produk yang
sudah jadi dicek kembali dengan cara uji sampel. Setelah selesai proses
pengemasan sekunder kemudian produk siap untuk didistribusikan.
HASIL
PRODUKSI
Ø Tipe serbuk : Kuku Bima, Kuku Bima
Ginseng, Kuku Bima TL, Kuku Bima Plus Ttribulus.
Ø Tipe saset : Tolak Angin, Tolak
Angin Ekstra Hangat
Ø Tipe saset hisap : Tolak angin
Permen
Ø Tipe Fls : Tolak angin Anak, Tolak
Angin Flu
Ø Tipe Botol : Kuku Bima Ener-G
PENGELOLAAN
LIMBAH
Sebagai
perusahaan yang bahan bakunya tanaman, PT. SidoMuncul tidak ingin kehadirannya
menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, sehingga berupaya untuk
melestarikan aneka tanaman obat yang ada di Indonesia. Untuk menangani limbah
cair, di lokasi pabrik dipasang instalasi pengolahan air limbah sehingga air
limbah dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk menyirami tanaman.
Sedangkan
limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan dilolah menjadi pupuk organik ,
yang bisa digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah
tersebut, diharapkan PT. SidoMuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan,
dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus